Profesi ‘Hacker’ Jadi Idaman Warga Korea Utara

CERT-LatestNews Malware Security News SocialEngineering ThreatsActivists ThreatsCybercrime ThreatsEconomic ThreatsStrategic

Meskipun kerap dipandang negatif, namun profesi peretas atau hacker justru menjadi idaman di Korea Utara. Mengapa?

Korut dilaporkan memiliki pasukan khusus cyber bernama Bureau 121. Pasukan elite ini beranggotakan para peretas yang dididik sejak usia dini di University of Automation, perguruan tinggi milik militer Korut.

Tim Bureau 121 yang dibentuk pemerintah Korut ini merekrut ahli-ahli komputer berbakat yang beroperasi di sebuah fasilitas khusus Anggota tim elite ini mendapatkan fasilitas hidup mewah dibanding rakyat Korut pada umumnya.

Jang Se-Yul, salah seorang warga Korut yang telah melarikan diri ke Korea Selatan enam tahun yang lalu menceritakan tentang seorang temannya yang berprofesi sebagai peretas di tim Bureau 121.
Kepada Reuters, Jang mengungkapkan bahwa temennya yang peretas itu dulunya berasal dari desa terpencil di Korut.

Setelah direkrut ke tim Bureau 121, akhirnya sang teman mampu membiayai keluarganya untuk tinggal di sebuah apartemen mewah di kawasan elite Pyongyang, ibukota Korut.

“Gaji untuk ahli cyber di Korea Utara sangat besar. Mereka adalah orang yang sangat kaya di Pyongyang,” kata Jang.

Pernyataan serupa juga diungkapkan Kim Heung-kwang, seorang profesor ilmu komputer asal Korut yang membelot ke Korea Selatan tahun 2004. Kim mengatkan bahwa profesi peretas telah menjadi pekerjaan impian di Korut.

“Hacker menjadi pekerjaan yang membanggakan di Korut. Banyak orang yang mendambakan profesi tersebut,” ujar Kim.

(inilah.com)